Senin, 03 Desember 2018

MAKALAH ISIM TAFDHIL BY SYARIFAH HANUM

  1. BAB 1

PENDAHULUAN
A.  Latar belakang
Kita sebagai orang Islam memahami bahwa bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an. Setiap muslim dituntut untuk mendalami ajaran agama Islam. Serta  dituntut untuk mendalami Islam dengan  sebenar-benarnya dan lebih mendalam, tiada jalan lain kecuali harus mampu menggali dari sumber asalnya, yaitu Al-Qur’an dan sunnah Rasullah SAW.
Didalam mendalami agama Islam, tentunya kita harus memahami Kitab suci Alqur’an itu sendiri yang keseluruhannya berbahasa Arab. Di dalam bahasa Arab terdapat ilmu serta  kaidah-kaidah yang harus diketahui, diantaranya Ilmu Nahwu dan Sharaf. Ilmu nahwu membahas kaidah-kaidah yang terkait struktur dan perubahan kata dalam bahasa Arab itu sendiri.
Para ‘Ulama memberi julukan ilmu Nahwu dengan Abul Ulum yang artinya ayahnya ilmu, dan memberi julukan ilmu shorof dengan Ummul Ulum yang artinya ibunya ilmu.
Ilmu nahwu adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang harus diketahui pertama kali oleh pelajar terutama para pelajar madrasah atau pondok pesantren, karena ilmu nahwu merupakan salah satu syarat untuk mempelajari berbagai cabang ilmu agama bahkan juga salah satu syarat untuk mengkaji kandungan Alquran dan Hadist.
 Maka penulis menyajikan suatu makalah tentang ilmu nahwu  yang membahas bab “isim tafḍil” sekedar untuk menambah kelengkapan  ilmu agama, mengusai ilmu Nahwu dengan sempurna.     
                          
B.  Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas timbul permasalahan yang perlu dibahas dalam makalah ini, sebagaimana berikut :
1.      Apa pengertian isim tafḍil dan wazannya?
2.      Apakah Syarat pembentukan isim tafḍil, Kedudukan isim tafḍil, Timbangan (wazan) isim tafḍil dan  Isim tafḍil yang terdapat di dalam Alquran?
C.  Tujuan Pembahasan
1.      Untuk mengetahui pengertian isim tafḍil dan wazannya?
2.      Untuk mengetahui Syarat pembentukan isim tafḍil, Kedudukan isim tafḍil, Timbangan (wazan) isim tafḍil dan  Isim tafḍil yang terdapat di dalam Alquran?


BAB II
 PEMBAHASAN
A.    Definisi isim tafḍil (اسم التفضيل  )

اسمُ التفضيل : صفةٌ تُؤخذُ من الفعل لتدُلُّ على ان شيئين اشتركا فى صفة ، وزاد احدُ هما على الآخر فيها ، مثلُ : « خليلٌ اعلمُ من سعيد و افضلُ منه » .
isim tafḍil adalah sifat yang diambil dari fi’il untuk menunjukkan sifat bagi sesuatu yang sama dalam sifatnya, dan salah satu sifat  dari keduanya bermakna lebih dari yang lainnya. [1]Seperti dalam contoh:
« خليلٌ اعلمُ من سعيد و افضل منه » “ khalil lebih alim dari sa’id dan lebih baik darinya”.
                        Dan kadang-kadang isim tafḍil itu tidak bermakna lebih.[2]
            Adapun isim tafḍil terjadi antara dua perkara dari dua sifat yang berbeda-beda.
1.      Wazan isim tafḍil
isim tafḍil berwazan satu yaitu« اَفْعَلُ »  bagi muzakkar dan « فُعْلَى » bagi muannats-nya seperti  « اَفْضَلُ »dan  « فُضْلَى » atau « اَكْبَرُ » dan    . «كُبْرَى»   
Terdapat hamzah yang telah dibuang «  اَفْعَلُ»  dalam tiga kata yaitu; خَيْرٌ َ، حَبٌّ  شَرٌّ،  seperti dalam: خَيْرُ النَّاسُ مَنْ يَنْفَعُ النَّاسُ »    » dan seperti dalam perkataan « شَرُّ النَّاس المُفْسد ». adapun 3 isim tafḍil ini asalnya اَخَيْرُ وَ اَشَرُّ وَ اَحَبُّ »  » dibuang hamzahnya karena agar mempermudah pengucapan dan boleh ditetapkan seperti asalnya dan itu sedikit penggunaannya.

2.      Syarat pembentukan isim tafḍil
a.       isim tafḍil tidak dibentuk kecuali dari fi’il ṡulaṡȋ  yang memiliki tiga huruf tetap, ( متصرّف ) atau yang bertashrif, ( معلوم ) atau yang diketahui, ( تام ) atau lengkap, kata tersebut dapat dijadikan isim tafḍil, tidak menunjukkan warna atau aib (hal yang memalukan), atau hiasan.
b.      isim tafḍil tidak dibentuk dari kata ( ما كتب)  karena fi’il nafi, tidak pula dibentuk dari   ( اكرم ) karena lebih dari tiga huruf, dan tidak boleh pula bagi ( بئس و ليس ) karena  semuanya itu isim jamid, tidak boleh pula bagi fi’il majhul, tidak boleh pula bagi ( صار و كان )  dan contoh lainnya dari fi’il yang naqis. Dan tidak boleh pula bagi (مات) karena tidak menerima untuk dijadikan isim tafḍil karena dalam mati itu tidak menerima kelebihan dan mati itu hanya satu, dan tidak pula di bentuk dari (سَوِدَ ) karena menunjukkan kepada warna, dan tidak pula dibentuk dari ( عَوِرَ ) karena menunjukkan kepada aib, dan tidak pula dibentuk dari ( كَحِلَ) karena menunjukkan kepada perhiasan.
3.      Kedudukan isim tafḍil
Kedudukan isim tafḍil ada empat[3], yaitu;
1.       terlepas dari alif lam (ال  )  dan iḍafah, contohnya:
“khalid lebih baik dari sa’id” ( خَالدٌ اَفْضَلُ مِنْ سَعِيْدٍ )
2.      Bersambungnya dengan alif lam, contohnya:
“Dia lebih baik dari saudaranya” (  هو الأَفْضَلُ مِنْ اَخِيْهِ  )
3.      iḍafahnya ke nakirah, contohnya:
“fatimah sebaik-baik perempuan” ( فاَطِمةٌ اَفْضَلُ مِنْ امرأةٍ )
4.      iḍafahnya ke ma’rifah, contohnya:
“Zaid sebaik-baik laki-laki” (  زَيْدٌ افضَلُ الرِّجالُ  )
4.      Timbangan (wazan) isim tafḍil
اَفْعَلُ          [4] mufrad muzakkar: فُعْلىَ mufrad muanna:          
اَفْعَلاَنِ muanna muzakkar:       فُعْلَيَان  muanna muanna:
اَفْعَلُوْنَjama’ muzakkar:           فُعْلَيَاتٌ jama’ muanna:
اَفاَعِلُ            jama’ muzakkar: فُعَلَ jama’ muanna:
Keterangan:
1.      Jama’ bagi muzakkar ada dua yaitu اَفْعَلُوْنَ  dan اَفاَعِلُ
2.      Jama’ bagi muanna ada dua yaitu  فُعْلَيَاتٌ dan  فُعَلَ
5.      Isim tafḍil yang terdapat di dalam Alquran
1.      4 èpuZ÷GÏÿø9$#ur çŽt9ò2r& z`ÏB È@÷Fs)ø9$# 3
 kekacauan lebih besar dari pembunuhan”(QS.Al-Barah: 217)
كَبُرَ-يَكْبُرُ-كُبْرًا=  besar
أَكْبَرُ=lebih besar
2.      3 öNçFRr&uä ãNn=ôãr& ÏQr& ª!$# 3
          kaliankah lebih tau ataukah Allah? (QS.al-Barah: 140)
عَلِمَ-يَعْلَمُ-عِلْمٌ= mengetahui
أَعْلَمُ= lebih tau
3.      £`åkçJs9qãèç/ur ,ymr& £`ÏdÏjŠtÎ/ Îû y7Ï9ºsŒ
“Dan suaminya lebih berhak rujuk kepada mereka” (QS.al-Barah: 228)   
حًقّ-يَحِقُّ=berhak
اَحَقُّ=lebih berhak
4.      ( ß`øtwU çŽsYò2r& ZwºuqøBr& #Y»s9÷rr&ur 
Kami lebih banyak punya kekayaan dan anak-anak”(QS. Sabā’: 35)
كَثُرَ-يَكْثُرُ=banyak
أَكْثَرُ=lebih banyak
5.      ( |MRr&ur ãNymör& šúüÏH¿qº§9$#
Dan engkaulah yang terpenyayang dari semua yang penyayang (QS.Al-A’rāf:151)

رَحِمَ-يَرْحَمُ=   menyayangi
أَرْحَمُ=lebih sayang



B.      Al-amṣilah Mubalagah
صيغ المبالغة : الفاظٌ تدلُّ على ما يدلُّ عليه اسم الفاعل بزيادة
 Al-amilah mubalaghah adalah lafaz yang menunjukkan isim fa’il yang bermakna lebih. Seperti dalam contoh:
« مُحَمَّدٌ شكورٌ ربَّهُ عَلَى نِعْمِهِ »  
 “Muhammad sangat berterima-kasih kepada tuhan-Nya atas nikmat-Nya”
             Dan ṡighah mubalaghah juga bermakna sangat atau banyak.                            
  1.  timbangan (wazan) bagi isim mubalaghah

Ada beberapa timbangan (wazan) bagi isim mubalaghah :
a)  Atas wazan  فَعَّالٌ  Contohnya: وَهَّابُ (yang sangat peduli)
  »مُحَمَّدٌ وَهَّابُ لِلْفُقَرآءِ ”muhammad sangat peduli kepada orang faq«                   
2.      Atas wazan  مِفْعَالٌ  contohnya:  مِقْدَامٌ (yang sangat berani)
»   الإِنْسَأنُ مِقْدَامٌ  »                             “ manusia yang sangat berani”
3.      Atas wazan  فِعِّيل  contohnya:    صِدِّيْقٌ(yang sangat jujur)
 »  الطَّالِبُ صِدِّيْقٌ  »                                          ”Siswa yang sangat jujur”
4.      Atas wazan  مِفْعِيْلٌ  contohnya:مِسْكِيْنٌ   (yang banyak keperluan)
« الْمَالُ وَالنُّقُوْدُ لِلْمِسْكِيْنٌ »”harta dan uang bagi yang banyak keperluan
(orang miskin)”               
5.      Atas wazan  فَعِلٌ   contohnyaخَصِمٌ   ( yang sangat berlebihan)
« هُمْ قَوْمٌ خَصِمُوْنَ »  “mereka adalah kaum yang sangat berlebihan”                
6.      Atas wazan  فَعِيْلٌ  contohnhya رَحِيْمٌ  (yang penyayang)
»  المؤمنُ رحيمٌ بالضعفاء »“ orang mukmin sangat menyayangi orang yang lemah”
7.      Atas wazan     فَعُوْلٌcontohnya شكورٌ   (yang sangatberterima kasih)
« مُحَمَّدٌ شكورٌ ربَّهُ عَلَى نِعْمِهِ »                                                                                               “Muhammad sangat berterima-kasih kepada tuhan-Nya atas nikmat-Nya”   
8.      Atas wazan  فُعَلَةٌ contohnya   هُمَزَةٌ(yang banyak mencela)
«  وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةِ »        “celakalah bagi setiap pengumpat lagi pencela”
9.      Atas wazan فَاعِلَةٌ contohnya ذَائِقَةُ  (yang banyak merasakan)
« كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ »  “setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati”
10.  Atas wazan  فَاعُوْلٌ contohnya   فَارُوْقٌ(yang sangat membedakan)
« عَلِيُّ فَارُوْقُ الأِنْسَانِ مِنْ الْمالِ »
 ” ‘Alī sangat membedakan manusia dari segi harta”                                    

111.  Atas wazan    فُعَّالٌ  contohnya كُبَّارٌ (yang sangat besar)
« الشَّفِعِيُّ هُوَ كُبَّارُ العُلَمَاءِ »  “Asy-syafi’ī adalah ulama yang sangat besar”     

Wazannya
1.       فَعَّالٌ: mufrad muzakkar            فَعَّالَةٌ :mufrad muanna      
     فَعَّالاَنِ: muanna muzakkar               فَعاَّلَتاَنِ:muanna muanna
     فَعاَّلُوْنَjama’ muzakkar:               فَعاَّلاَ:jama’ muanna
2.       مِفْعاَلٌ:  mufrad muzakkar           مِفْعاَلَةٌ: mufrad muanna
  مِفْعاَلاَنِ:  muanna muzakkar      مِفْعاَلَتاَنِ: muanna muanna
مِفْعاَلُوْنَ jama’ muzakkar:   مِفْعاَلاَتٌ: jama’ muannaṡ
3.       فِعِّيْلٌ : mufrad muzakkar             فِعِّيْلَةٌ     mufrad muanna:
فِعِّيْلاَنِ: muanna muzakkar              فِعِّيْلَتاَنِ: : muanna muanna
 فِعِّيْلُوْنَ jama’ muzakkar:           فِعِيْلاَتٌ: jama’ muanna
4.       مِفْعِيْلٌ:  mufrad muzakkar           مِفْعِيْلَةُ :mufrat muanna           
مِفْعِيْلاَنِ: muanna muzakkar           مِفْعِيْلَتاَنِ:  muanna muanna
 مِفْعِيْلُوْنَ: jama’ muzakkar               مِفْعِيْلاَتٌ:       jamak muanna 
5.       فَعِلٌ mufrad muzakkar:               فَعِلَةٌ :  mufrad muanna     
فَعِلاَنِ  muanna muzakkar :       فَعِلَتاَنِ  muanna muanna :
فَعِلُوْنَ jama’ muzakkar:                فَعِلاَتٌ : jama’ muannaṡ 
6.       فَعِيْلٌ mufrad muzakkar:                   فَعِيْلَةٌ: muannaṡ  mufrad
فَعِيْلاَنِ  muanna muzakkar :           فَعِيْلَتاَنِ  muanna muanna:
 فَعِيْلُوْنَ jama’ muzakkar:                 فَعِيْلاَةٌ  jama’ muanna:   
7.       فَعُوْلٌ mufrad muzakkar:                  فَعُوْلَةٌ jama’ muanna:
 فَعُوْلاَنِ muanna muzakkar:           فَعُوْلَتاَنِ muanna muanna:
 فَعُوْلُوْنَ jama’ muzakkar:                 فَعُوْلاَتٌ jama’ muanna:  
Dan wazan seterusnya.
b.       Al-amṣilah Mubalagah yang terdapat dalam Alquran
1.       ¨bÎ) y7­/u ×A$¨èsù $yJÏj9 ߃̍ãƒ
“Sungguh, tuhanmu benar-benar melaksanakan apa yang ia inginkan” (QS.Hûd: 107)

فَعَلَ-يَفْعَلُ= melaksanakan
فَعَّالٌ=yang maha pelaksana
2.      4 ¨bÎ) ©!$# Öqàÿxî íOŠÏm§
“Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang” (QS. Al-Baqārah: 173)
غَفَرَ-يَغْفِرُ=mengampuni
غَفُوْرُ=yang sangat pengampun
3.      öä.øŒ$#ur Îû É=»tGÅ3ø9$# tLìÏdºtö/Î) 4 ¼çm¯RÎ) tb%x. $Z)ƒÏdϹ $Î;¯R  
“ceritakanlah tentang Ibrahim dalam Al-kitab (Alquran), ia adalah seorang yang sangat benar dan seorang nabi (QS.Maryam: 41)
صَدَقَ-يَصْدُقُ=benar
صِدِّيْقٌ=yang sangat benar
4.      uqèdur Èe@ä3Î/ >äóÓx« ×LìÎ=tæ
“ia amat tahu tentang segala sesuatu” (QS.al-baqārah: 29)
عَلِمَ-يَعْلَمُ=mengetahui
عَلِيْمٌ=yang amat tahu
C.    Kata-kata yang termasuk kategori Isim tafḍil dan Al-amṣilah Mubalagah
1.      Di antara kata yang termasuk isim tafḍil antara lain:

مُعْتَلُّ الآخِرُ
اَجْوَفُ
مِثَالُ
مُضَاعَفُ
صَحِيْحُ
اَعْلَى
اَطْوَلُ
اَوْجَهُ
اَشَدُّ
اَفْضَلُ
yang lebih tinggi
yang lebih panjang
yang lebih baik budi
Yang lebih keras
Yang lebih utama
اَخْفَى
اَطْيَبُ
اَوْفَرُ
اَعَزُّ
اَكْذَبُ
yang lebih tersembunyi
yang lebih banyak
yang lebih banyak
yang lebih mulia
yang lebih dusta
اَخْشَى
اَطْوَعُ
اَوْزَنُ
اَجَلُّ
اَشْبهُ
yang lebih takut

yang lebih ta’at
yang lebih teratur
yang lebih mulia
yang lebih serupa
اَسْمَى
اَلْيَقُ
اَوْسَطُ
اَدَلُّ
اَسْلَمُ
yang lebih tinggi
yang lebih patut
yang lebih tengah
yang lebih menunjukkan
yang lebih selamat
اَقْوَى
اَخْيَرُ
اَوْثَقُ
اَحَبُّ
اَعْلَمُ
yang lebih kuat
yang lebih baik
yang lebih percaya
yang lebih suka
yang lebih mengetahui
اَوْفَى
اَقْوَمُ
اَوْسَعُ
اَشَرُّ
اَصْدَقُ
yang lebih utama
yang lebih lurus
yang lebih luas
yang lebih jahat
yang lebih benar
اَدْرَى
اَنْوَرُ
اَوْجَبُ
اَمَرُّ
اَرْحَمٌ
yang lebih tau
yang lebih terang
yang lebih wajib
yang lebih pahit
yang lebih sayang
اَرْوَى
اَخْوَفُ
اَوْرَعُ
اَخَسُّ
اَقْبَحُ
yang lebih meriwayat
yang lebih takut
yang lebih wara’
yang lebih hina
yang lebih jelek
Keterangan: ada juga isim-isim atas timbangan اَفْعَلُ yang bukan isim tafḍil seperti:
اَسْوَدُ    yang hitam : اَحْمَرُyang merah     :  
اَعْرَجُ yang pincang  : اَعْمَىyang buta         :  
اَصْفَرُ  yang  kuning:  اَبْكَمُyang bisu         :  
2.      Di antara kata yang termasuk Al-amṣilah Mubalagah antara lain:
Kata-kata berikut ini diambil dari wazan فَعَّالٌ antara lain:
مُعْتَلُّ الآخِرُ
مِثَالُ
اَجْوَفُ
مُضَاعَفُ
صَحِيْحُ
بَكَّاءٌ
وَعَّادٌ
غَوَّاصٌ
ذَمَّامٌ
سَتَّارٌ
yang banyak menangis
yang banyak janji
yang banyak menyelam
yang banyak mencela
yang banyak menutup
سَقَّاءٌ
وَثَّابٌ
قَوَّالٌ
شَدَّادٌ
عَلاَّمٌ
yang banyak memberi air
yang banyak melompat
yang banyak berkata-kata
yang banyak kekerasan
yang banyak mengtahui
هَجَّاءٌ
وَضَّاعٌ
سَيَّاحٌ
سَبَابٌ
سَمَّاعٌ
yang banyak mencela
yang banyak memalsukan
yang banyak mengembara
yang banyak memakai
yang banyak mendengar













BAB III
KESIMPULAN
A.    Kesimpulan
Ilmu nahwu adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang harus diketahui pertama kali oleh pelajar terutama para pelajar madrasah atau pondok pesantren, karena ilmu nahwu merupakan salah satu syarat untuk mempelajari berbagai cabang ilmu agama bahkan juga salah satu syarat untuk mengkaji kandungan Alquran dan Hadist.
Isim tafḍil adalah sifat yang diambil dari fi’il untuk menunjukkan sifat bagi sesuatu yang sama dalam sifatnya, dan salah satu sifat  dari keduanya bermakna lebih dari yang lainnya. Dalam bahasa Arab dikenal bentuk yang mengandung makna “lebih”, yang disebut isim tafḍil. Bentuk acuannya adalah: اَفْعَلُ. Isim tafḍil hanya dapat dibentuk dari kata kerja tiga huruf, kata itu mempunyai bentuk-bentuk taṣrif yang lengkap, kata sifatnya tidak sama bentuknya dengannya, dan maknanya bukan makna pasif.
Bila isim tafḍil diikuti mudhāf ilaih maknanya “ter”/superlatif. Al-amṣilah Mubalagah adalah kata yang menunjukkan arti sangat(banyak) atau maha. Al-amṣilah Mubalagah mempunyai sebelas wazan.








DAFTAR PUSTAKA
Al-Ghalayani, Musthafa. Jāmi’ad-durūs al-‘Arabiyayati Juz al-Salāșah, Kairo: Daru al-hadīș, 2005.
Al-Jirhi, Abdurrahman.  Tatbiqu Sharfi, Beirut: Al-Asyriyyah, 1730.
Maftuhin, Soleh.  Audahul Masalik Jus 3, Surabaya: Putra Jaya, 1998.









[1] Musthafa al-Ghalayani, Jāmi’ad-durūs al-‘Arabiyyatī Juz al-Salāșah, (Kairo: Daru al-hadīș, 2005), hlm.193.
[2] Soleh Maftuhin, Audahul Masalik Jus 3, (Surabaya: Putra Jaya, 1998), hlm. 78.
[3] Abdurrahman Al-Jirhi, Tatbiqu Sharfi, (Beirut: Al-Asyriyyah, 1730), hlm. 93.
[4] Lihat Kitab Taṣrif, hlm.162.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar