- BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Kita sebagai orang Islam memahami bahwa bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an.
Setiap muslim dituntut untuk mendalami ajaran agama Islam. Serta dituntut untuk mendalami Islam dengan sebenar-benarnya dan lebih mendalam, tiada jalan
lain kecuali harus mampu menggali dari sumber asalnya, yaitu Al-Qur’an dan
sunnah Rasullah SAW.
Didalam mendalami agama Islam, tentunya kita harus memahami Kitab
suci Alqur’an itu sendiri yang keseluruhannya berbahasa Arab. Di dalam bahasa
Arab terdapat ilmu serta kaidah-kaidah
yang harus diketahui, diantaranya Ilmu Nahwu dan Sharaf. Ilmu nahwu membahas
kaidah-kaidah yang terkait struktur dan perubahan kata dalam bahasa Arab itu
sendiri.
Para ‘Ulama memberi julukan ilmu Nahwu dengan Abul Ulum yang
artinya ayahnya ilmu, dan memberi julukan ilmu shorof dengan Ummul Ulum yang
artinya ibunya ilmu.
Ilmu nahwu adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang harus
diketahui pertama kali oleh pelajar terutama para pelajar madrasah atau pondok
pesantren, karena ilmu nahwu merupakan salah satu syarat untuk mempelajari
berbagai cabang ilmu agama bahkan juga salah satu syarat untuk mengkaji
kandungan Alquran dan Hadist.
Maka penulis menyajikan
suatu makalah tentang ilmu nahwu yang
membahas bab “isim tafḍil” sekedar untuk menambah kelengkapan ilmu agama, mengusai ilmu Nahwu dengan
sempurna.
B.
Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas timbul permasalahan yang perlu dibahas
dalam makalah ini, sebagaimana berikut :
1.
Apa
pengertian isim tafḍil dan wazannya?
2.
Apakah
Syarat pembentukan isim
tafḍil, Kedudukan isim tafḍil, Timbangan
(wazan) isim tafḍil dan Isim
tafḍil yang terdapat di dalam Alquran?
C.
Tujuan Pembahasan
1.
Untuk
mengetahui pengertian isim tafḍil dan wazannya?
2.
Untuk
mengetahui Syarat pembentukan isim tafḍil, Kedudukan isim
tafḍil, Timbangan (wazan) isim tafḍil dan Isim tafḍil yang terdapat di dalam Alquran?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Definisi isim tafḍil (اسم
التفضيل )
اسمُ التفضيل : صفةٌ تُؤخذُ من الفعل لتدُلُّ
على ان شيئين اشتركا فى صفة ، وزاد احدُ هما على الآخر فيها ، مثلُ : « خليلٌ
اعلمُ من سعيد و افضلُ منه » .
isim tafḍil adalah sifat yang diambil dari fi’il untuk menunjukkan sifat
bagi sesuatu yang sama dalam sifatnya, dan salah satu sifat dari keduanya bermakna lebih dari yang lainnya. [1]Seperti
dalam contoh:
« خليلٌ اعلمُ من سعيد و افضل منه » “ khalil lebih alim dari sa’id dan lebih baik darinya”.
Adapun isim tafḍil terjadi antara dua perkara dari dua sifat yang berbeda-beda.
1.
Wazan
isim tafḍil
isim tafḍil berwazan satu yaitu«
اَفْعَلُ » bagi
muzakkar dan «
فُعْلَى » bagi muannats-nya
seperti « اَفْضَلُ »dan « فُضْلَى » atau « اَكْبَرُ
» dan . «كُبْرَى»
Terdapat
hamzah yang telah dibuang « اَفْعَلُ» dalam tiga kata yaitu;
خَيْرٌ َ، حَبٌّ
شَرٌّ، seperti dalam: خَيْرُ
النَّاسُ مَنْ يَنْفَعُ النَّاسُ » »
dan seperti dalam perkataan « شَرُّ النَّاس المُفْسد ». adapun 3 isim
tafḍil ini asalnya اَخَيْرُ
وَ اَشَرُّ وَ اَحَبُّ » »
dibuang hamzahnya karena agar mempermudah pengucapan dan
boleh ditetapkan seperti asalnya dan itu sedikit penggunaannya.
2.
Syarat pembentukan isim tafḍil
a.
isim
tafḍil tidak dibentuk kecuali dari fi’il
ṡulaṡȋ yang memiliki tiga huruf
tetap, ( متصرّف ) atau
yang bertashrif, ( معلوم ) atau yang
diketahui, ( تام ) atau
lengkap, kata tersebut dapat dijadikan isim tafḍil, tidak
menunjukkan warna atau aib (hal yang memalukan), atau hiasan.
b.
isim
tafḍil tidak dibentuk dari kata ( ما
كتب) karena
fi’il nafi, tidak pula dibentuk dari ( اكرم ) karena
lebih dari tiga huruf, dan tidak boleh pula bagi ( بئس و ليس ) karena semuanya itu isim jamid, tidak boleh
pula bagi fi’il majhul, tidak boleh pula bagi ( صار و
كان ) dan contoh lainnya dari fi’il yang
naqis. Dan tidak boleh pula bagi (مات) karena tidak menerima untuk dijadikan isim
tafḍil karena dalam
mati itu tidak menerima kelebihan dan mati itu hanya satu, dan tidak pula di
bentuk dari (سَوِدَ ) karena menunjukkan kepada warna, dan tidak pula dibentuk dari
( عَوِرَ ) karena menunjukkan kepada aib, dan tidak pula dibentuk dari ( كَحِلَ) karena menunjukkan kepada
perhiasan.
3.
Kedudukan isim tafḍil
Kedudukan isim
tafḍil ada empat[3],
yaitu;
1.
terlepas dari alif lam (ال ) dan iḍafah, contohnya:
“khalid lebih
baik dari sa’id” ( خَالدٌ اَفْضَلُ مِنْ سَعِيْدٍ )
2.
Bersambungnya
dengan alif lam, contohnya:
“Dia lebih baik
dari saudaranya” ( هو
الأَفْضَلُ مِنْ اَخِيْهِ )
3.
iḍafahnya
ke nakirah, contohnya:
“fatimah
sebaik-baik perempuan” ( فاَطِمةٌ اَفْضَلُ مِنْ امرأةٍ )
4.
iḍafahnya
ke ma’rifah, contohnya:
“Zaid
sebaik-baik laki-laki” ( زَيْدٌ
افضَلُ الرِّجالُ )
4.
Timbangan (wazan) isim tafḍil
اَفْعَلاَنِ muṡanna muzakkar: فُعْلَيَان muṡanna muannaṡ:
اَفْعَلُوْنَjama’ muzakkar: فُعْلَيَاتٌ jama’ muannaṡ:
اَفاَعِلُ jama’ muzakkar: فُعَلَ jama’ muannaṡ:
Keterangan:
1.
Jama’
bagi muzakkar ada dua yaitu اَفْعَلُوْنَ dan
اَفاَعِلُ
2.
Jama’
bagi muannaṡ ada dua yaitu فُعْلَيَاتٌ dan فُعَلَ
5.
Isim tafḍil
yang terdapat di dalam Alquran
1.
4 èpuZ÷GÏÿø9$#ur çt9ò2r& z`ÏB È@÷Fs)ø9$# 3
“kekacauan lebih besar dari pembunuhan”(QS.Al-Baqārah: 217)
كَبُرَ-يَكْبُرُ-كُبْرًا= besar
أَكْبَرُ=lebih besar
2.
3 öNçFRr&uä ãNn=ôãr& ÏQr& ª!$# 3
“ kaliankah lebih
tau ataukah Allah? (QS.al-Baqārah: 140)
عَلِمَ-يَعْلَمُ-عِلْمٌ=
mengetahui
أَعْلَمُ=
lebih tau
3.
£`åkçJs9qãèç/ur ,ymr& £`ÏdÏjtÎ/ Îû y7Ï9ºs
“Dan
suaminya lebih berhak rujuk kepada mereka” (QS.al-Baqārah: 228)
حًقّ-يَحِقُّ=berhak
اَحَقُّ=lebih berhak
4.
(
ß`øtwU çsYò2r& ZwºuqøBr& #Y»s9÷rr&ur
“Kami
lebih banyak punya kekayaan dan anak-anak”(QS. Sabā’: 35)
كَثُرَ-يَكْثُرُ=banyak
أَكْثَرُ=lebih banyak
5.
( |MRr&ur ãNymör& úüÏH¿qº§9$#
“Dan engkaulah yang
terpenyayang dari semua yang penyayang” (QS.Al-A’rāf:151)
رَحِمَ-يَرْحَمُ= menyayangi
أَرْحَمُ=lebih sayang
B.
Al-amṣilah Mubalagah
صيغ المبالغة : الفاظٌ تدلُّ على ما يدلُّ عليه اسم الفاعل بزيادة
Al-amṣilah
mubalaghah adalah lafaz yang
menunjukkan isim fa’il yang bermakna lebih.
Seperti dalam contoh:
« مُحَمَّدٌ
شكورٌ ربَّهُ عَلَى نِعْمِهِ »
“Muhammad sangat berterima-kasih kepada
tuhan-Nya atas nikmat-Nya”
Dan ṡighah mubalaghah juga bermakna sangat atau banyak.
- timbangan (wazan) bagi isim mubalaghah
Ada
beberapa timbangan (wazan) bagi isim mubalaghah :
a) Atas
wazan فَعَّالٌ Contohnya: وَهَّابُ (yang
sangat peduli)
»مُحَمَّدٌ
وَهَّابُ لِلْفُقَرآءِ ”muhammad sangat peduli kepada orang faq«
2.
Atas
wazan مِفْعَالٌ contohnya: مِقْدَامٌ (yang
sangat berani)
» الإِنْسَأنُ مِقْدَامٌ » “ manusia yang sangat berani”
3.
Atas wazan فِعِّيل contohnya: صِدِّيْقٌ(yang sangat jujur)
» الطَّالِبُ صِدِّيْقٌ » ”Siswa yang sangat jujur”
4.
Atas
wazan مِفْعِيْلٌ
contohnya:مِسْكِيْنٌ
(yang
banyak keperluan)
« الْمَالُ
وَالنُّقُوْدُ لِلْمِسْكِيْنٌ »”harta dan uang bagi yang
banyak keperluan
(orang miskin)”
5.
Atas
wazan فَعِلٌ
contohnyaخَصِمٌ
( yang
sangat berlebihan)
« هُمْ
قَوْمٌ خَصِمُوْنَ » “mereka adalah kaum yang sangat
berlebihan”
6.
Atas
wazan فَعِيْلٌ contohnhya
رَحِيْمٌ (yang penyayang)
» المؤمنُ
رحيمٌ بالضعفاء »“ orang mukmin sangat menyayangi orang yang lemah”
7.
Atas
wazan فَعُوْلٌcontohnya شكورٌ (yang
sangatberterima kasih)
« مُحَمَّدٌ
شكورٌ ربَّهُ عَلَى نِعْمِهِ » “Muhammad sangat berterima-kasih
kepada tuhan-Nya atas nikmat-Nya”
8.
Atas
wazan فُعَلَةٌ contohnya
هُمَزَةٌ(yang banyak mencela)
« وَيْلٌ
لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةِ » “celakalah bagi setiap pengumpat lagi pencela”
9.
Atas
wazan فَاعِلَةٌ contohnya ذَائِقَةُ (yang
banyak merasakan)
« كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ » “setiap yang bernyawa pasti akan merasakan
mati”
10.
Atas
wazan فَاعُوْلٌ contohnya
فَارُوْقٌ(yang sangat membedakan)
« عَلِيُّ
فَارُوْقُ الأِنْسَانِ مِنْ الْمالِ »
” ‘Alī sangat
membedakan manusia dari segi harta”
111.
Atas
wazan فُعَّالٌ
contohnya
كُبَّارٌ (yang
sangat besar)
« الشَّفِعِيُّ
هُوَ كُبَّارُ العُلَمَاءِ » “Asy-syafi’ī adalah ulama
yang sangat besar”
Wazannya
1.
فَعَّالٌ: mufrad muzakkar فَعَّالَةٌ
:mufrad muannaṡ
فَعَّالاَنِ: muṡanna
muzakkar فَعاَّلَتاَنِ:muṡanna
muannaṡ
فَعاَّلُوْنَjama’ muzakkar: فَعاَّلاَ:jama’
muannaṡ
2.
مِفْعاَلٌ: mufrad
muzakkar مِفْعاَلَةٌ: mufrad
muannaṡ
مِفْعاَلاَنِ: muṡanna
muzakkar مِفْعاَلَتاَنِ: muṡanna muannaṡ
مِفْعاَلُوْنَ jama’
muzakkar: مِفْعاَلاَتٌ: jama’ muannaṡ
3.
فِعِّيْلٌ
: mufrad muzakkar فِعِّيْلَةٌ mufrad muannaṡ:
فِعِّيْلاَنِ: muṡanna muzakkar فِعِّيْلَتاَنِ:
: muṡanna muannaṡ
فِعِّيْلُوْنَ jama’ muzakkar: فِعِيْلاَتٌ: jama’ muannaṡ
4.
مِفْعِيْلٌ: mufrad
muzakkar
مِفْعِيْلَةُ :mufrat muannaṡ
مِفْعِيْلاَنِ: muṡanna muzakkar مِفْعِيْلَتاَنِ: muṡanna muannaṡ
مِفْعِيْلُوْنَ: jama’ muzakkar مِفْعِيْلاَتٌ:
jamak muannaṡ
5.
فَعِلٌ mufrad muzakkar: فَعِلَةٌ : mufrad
muannaṡ
فَعِلاَنِ muṡanna muzakkar : فَعِلَتاَنِ muṡanna muannaṡ :
فَعِلُوْنَ jama’
muzakkar: فَعِلاَتٌ
: jama’ muannaṡ
6.
فَعِيْلٌ
mufrad muzakkar:
فَعِيْلَةٌ: muannaṡ mufrad
فَعِيْلاَنِ muṡanna muzakkar :
فَعِيْلَتاَنِ muṡanna muannaṡ:
فَعِيْلُوْنَ jama’
muzakkar: فَعِيْلاَةٌ jama’ muannaṡ:
7.
فَعُوْلٌ
mufrad muzakkar: فَعُوْلَةٌ
jama’ muannaṡ:
فَعُوْلاَنِ muṡanna muzakkar: فَعُوْلَتاَنِ muṡanna
muannaṡ:
فَعُوْلُوْنَ jama’
muzakkar: فَعُوْلاَتٌ jama’
muannaṡ:
Dan wazan
seterusnya.
b.
Al-amṣilah Mubalagah
yang terdapat dalam Alquran
1.
¨bÎ) y7/u ×A$¨èsù $yJÏj9 ßÌã
“Sungguh,
tuhanmu benar-benar melaksanakan apa yang ia inginkan” (QS.Hûd:
107)
فَعَلَ-يَفْعَلُ= melaksanakan
فَعَّالٌ=yang maha pelaksana
2.
4 ¨bÎ) ©!$# Öqàÿxî íOÏm§
“Sungguh, Allah Maha Pengampun,
Maha Penyayang” (QS. Al-Baqārah: 173)
غَفَرَ-يَغْفِرُ=mengampuni
غَفُوْرُ=yang sangat pengampun
3.
öä.ø$#ur Îû É=»tGÅ3ø9$# tLìÏdºtö/Î) 4
¼çm¯RÎ) tb%x. $Z)ÏdϹ $Î;¯R
“ceritakanlah tentang Ibrahim dalam
Al-kitab (Alquran), ia adalah seorang yang sangat benar dan seorang nabi
(QS.Maryam: 41)
صَدَقَ-يَصْدُقُ=benar
صِدِّيْقٌ=yang sangat
benar
4.
uqèdur Èe@ä3Î/ >äóÓx« ×LìÎ=tæ
“ia
amat tahu tentang segala sesuatu” (QS.al-baqārah:
29)
عَلِمَ-يَعْلَمُ=mengetahui
عَلِيْمٌ=yang amat tahu
C.
Kata-kata yang termasuk kategori Isim tafḍil dan Al-amṣilah
Mubalagah
1.
Di
antara kata yang termasuk isim tafḍil antara lain:
مُعْتَلُّ الآخِرُ
|
اَجْوَفُ
|
مِثَالُ
|
مُضَاعَفُ
|
صَحِيْحُ
|
اَعْلَى
|
اَطْوَلُ
|
اَوْجَهُ
|
اَشَدُّ
|
اَفْضَلُ
|
yang lebih tinggi
|
yang
lebih panjang
|
yang lebih baik budi
|
Yang lebih keras
|
Yang lebih utama
|
اَخْفَى
|
اَطْيَبُ
|
اَوْفَرُ
|
اَعَزُّ
|
اَكْذَبُ
|
yang lebih tersembunyi
|
yang lebih banyak
|
yang lebih banyak
|
yang lebih mulia
|
yang lebih dusta
|
اَخْشَى
|
اَطْوَعُ
|
اَوْزَنُ
|
اَجَلُّ
|
اَشْبهُ
|
yang lebih takut
|
yang lebih ta’at
|
yang
lebih teratur
|
yang lebih mulia
|
yang lebih serupa
|
اَسْمَى
|
اَلْيَقُ
|
اَوْسَطُ
|
اَدَلُّ
|
اَسْلَمُ
|
yang lebih tinggi
|
yang lebih patut
|
yang lebih tengah
|
yang
lebih menunjukkan
|
yang lebih selamat
|
اَقْوَى
|
اَخْيَرُ
|
اَوْثَقُ
|
اَحَبُّ
|
اَعْلَمُ
|
yang lebih kuat
|
yang lebih baik
|
yang lebih percaya
|
yang
lebih suka
|
yang lebih mengetahui
|
اَوْفَى
|
اَقْوَمُ
|
اَوْسَعُ
|
اَشَرُّ
|
اَصْدَقُ
|
yang lebih utama
|
yang lebih lurus
|
yang lebih luas
|
yang
lebih jahat
|
yang lebih benar
|
اَدْرَى
|
اَنْوَرُ
|
اَوْجَبُ
|
اَمَرُّ
|
اَرْحَمٌ
|
yang lebih tau
|
yang
lebih terang
|
yang lebih wajib
|
yang
lebih pahit
|
yang lebih sayang
|
اَرْوَى
|
اَخْوَفُ
|
اَوْرَعُ
|
اَخَسُّ
|
اَقْبَحُ
|
yang lebih meriwayat
|
yang
lebih takut
|
yang lebih wara’
|
yang
lebih hina
|
yang lebih jelek
|
Keterangan: ada juga isim-isim atas timbangan اَفْعَلُ yang
bukan isim tafḍil seperti:
اَسْوَدُ yang hitam : اَحْمَرُyang merah
:
اَعْرَجُ yang
pincang : اَعْمَىyang
buta :
اَصْفَرُ yang kuning: اَبْكَمُyang
bisu :
2.
Di
antara kata yang termasuk Al-amṣilah Mubalagah antara lain:
Kata-kata berikut ini diambil dari wazan فَعَّالٌ antara
lain:
مُعْتَلُّ الآخِرُ
|
مِثَالُ
|
اَجْوَفُ
|
مُضَاعَفُ
|
صَحِيْحُ
|
بَكَّاءٌ
|
وَعَّادٌ
|
غَوَّاصٌ
|
ذَمَّامٌ
|
سَتَّارٌ
|
yang
banyak menangis
|
yang
banyak janji
|
yang
banyak menyelam
|
yang banyak mencela
|
yang
banyak menutup
|
سَقَّاءٌ
|
وَثَّابٌ
|
قَوَّالٌ
|
شَدَّادٌ
|
عَلاَّمٌ
|
yang
banyak memberi air
|
yang
banyak melompat
|
yang
banyak berkata-kata
|
yang banyak kekerasan
|
yang
banyak mengtahui
|
هَجَّاءٌ
|
وَضَّاعٌ
|
سَيَّاحٌ
|
سَبَابٌ
|
سَمَّاعٌ
|
yang
banyak mencela
|
yang
banyak memalsukan
|
yang
banyak mengembara
|
yang
banyak memakai
|
yang
banyak mendengar
|
BAB III
KESIMPULAN
A.
Kesimpulan
Ilmu nahwu adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang harus
diketahui pertama kali oleh pelajar terutama para pelajar madrasah atau pondok
pesantren, karena ilmu nahwu merupakan salah satu syarat untuk mempelajari
berbagai cabang ilmu agama bahkan juga salah satu syarat untuk mengkaji
kandungan Alquran dan Hadist.
Isim tafḍil adalah sifat yang diambil dari fi’il untuk menunjukkan sifat
bagi sesuatu yang sama dalam sifatnya, dan salah satu sifat dari keduanya bermakna lebih dari yang lainnya.
Dalam bahasa Arab dikenal bentuk yang mengandung makna
“lebih”, yang disebut isim tafḍil. Bentuk
acuannya adalah: اَفْعَلُ. Isim tafḍil hanya dapat dibentuk dari kata kerja tiga huruf, kata itu
mempunyai bentuk-bentuk taṣrif yang lengkap, kata sifatnya tidak sama bentuknya
dengannya, dan maknanya bukan makna pasif.
Bila
isim tafḍil diikuti mudhāf ilaih maknanya “ter”/superlatif. Al-amṣilah
Mubalagah adalah kata yang menunjukkan arti sangat(banyak) atau maha. Al-amṣilah
Mubalagah mempunyai sebelas wazan.
DAFTAR PUSTAKA
Al-Ghalayani,
Musthafa. Jāmi’ad-durūs al-‘Arabiyayati Juz al-Salāșah, Kairo: Daru
al-hadīș, 2005.
Al-Jirhi,
Abdurrahman. Tatbiqu Sharfi,
Beirut: Al-Asyriyyah, 1730.
Maftuhin,
Soleh. Audahul Masalik Jus 3,
Surabaya: Putra Jaya, 1998.
[1] Musthafa
al-Ghalayani, Jāmi’ad-durūs al-‘Arabiyyatī Juz al-Salāșah, (Kairo: Daru
al-hadīș, 2005), hlm.193.
[2] Soleh
Maftuhin, Audahul Masalik Jus 3, (Surabaya: Putra Jaya, 1998), hlm. 78.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar